HTML/JavaScript

Translate it into English

Rabu, 28 November 2012

UJI STABILITAS CPO



 https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSkoT9RZ5_76lL1dXCRPde7vms1vs--pN_plpMLJsUKMyg2NtCSVg
Saat ini CPO (Crude Palm Oil) merupaka komoditi yang sangat banyak diminta dipasaran terlebih lagi beberapa tahu kedepan akan terjadi krisi energi, disini permintaan akan CPO akan semakin besar karena CPO merupaka sumber energi yang dapat diperbaharui. Dari CPO tersebut dapat diproduksi berbagai produk terutama untuk mengantisipasi krisi energi adalah Biodiesel, selain itu produk yang lain juga dapat dibuat dari CPO seperti bahan utama pembuat kosmetik, sabun, pasta gigi, sampo, minyak goreng, mentega dan masih banyak lagi.
Untuk menghasilkna produk yang cukup banyak tersebut CPO yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik karena jika tidak akan mempengaruhi kualitas produk setelahnya. Untuk itu kualitas CPO harus dijaga stabil pada parameter yang diinginkan industri kosmetic dan minyak goreng. Parameter kualitas CPO yang baik adalah :
-          FFA               :  2.50%
-          Moisture      :  0.150%
-          Dirt              :  0.015%
-          PV                :  Trace
-          DOBI                        :  > 2.70
-          Carrotene    :  > 500 ppm
Jika kualitas CPO diatas standard yang telah ditetapkan bukan berarti CPO tersebut tidak ada pembeli hanya saja harga akan jauh lebih murah karena kualitas yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan.
Untuk itu kita harus mengetahui seberapa lama CPO dapat disimpan dalam tanki timbun.
Disini akan saya coba tampilkan hasil analisa kualitas CPO selama 24 hari untuk mengetahui seberapa lama kualitas CPO tetap stabil. Sample yang dibuat percobaan berasal dari sample yang telah dihomogenkan dalam satu wadah kemudian dibagi menjadi 34 botol dimana 24 botol untuk mengetahui stabilitasnya dan dianalisa selama 24 hari dan 10 sample dianalisa secara bersamaan dalam satu hari untuk mengetahui sample yang dicampur tersebut presisi atau tidak.

Dari tabel diatas dapat kita lihat bersama bahwa hasil analisa dari sample no 1-10 hasilnya sudah presisi, untuk menetukan hasil tersebut presisi atau tidak kita harus mengolah data tersebut menggunakan rumus statistik, disini saya tidak akan membahas itu, karena saya sudah mengolah data tersebut dan data diatas sudah presisi.
Kemudian kita akan melihat data selanjutnya yaitu hasil uji stabilitas CPO
Dapat kita lihat bersama hasil uji stabilitas sample CPO dari tabel diatas. Untuk menyimpulkan hal tersebut kita dapat melihat grafik dibawah ini.



Dari garfik diatas kita belum dapat menyimpulkannya karena kalau kita lihat bersama untuk analisa FFA cenderung naik turun hal ini dikarenakan analisa FFA masih menggunakan titrasi manual dimana tergantung dari kondisi manusianya begitu juga untuk Dirt, lain halnya untuk Moisture kita dapat lihat digrafik tersebut bahwa CPO dapat stabil untuk Moisturenya selama 14 hari, dan untuk DOBI hanya bisa stabil selama 5 hari.
Demikian hasil percobaan saya, semoga dapat bermanfaat.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel UJI STABILITAS CPO ini diposting oleh Unknown pada hari Rabu, 28 November 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar